Demi Keutuhan NKRI, Wapres Minta Jaga Keharmonisan TNI-Polri

Demi Keutuhan NKRI, Wapres Minta Jaga Keharmonisan TNI-Polri
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, saat memberikan pengarahan dihadapan 2.200 Prajurit TNI dan Polri, bertempat di Pontianak, Kalbar, Kamis (26/4). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) berpesan kepada para Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri agar menjaga keharmonisan dan saling bekerja sama.

Sebab, TNI-Polri merupakan aset dan kebanggaan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pertahanan akan sangat baik jika keamanan dalam negeri terjaga. Begitu juga keamanan akan terjadi, apabila pertahanan luar dan dalam negeri Indonesia terjaga,” kata pria yang akrab disapa JK itu saat memberikan pembekalan kepada 724 Capaja TNI-Polri Tahun 2018 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (18/7).

JK mengingatkan meskipun bidang tugas TNI dan Polri berbeda, tujuannya tetap sama. TNI-Polri saling mendukung dalam menjalankan tugas.

“TNI punya Sapta Marga, dan Tri Brata untuk Polri, yang pada dasarnya sama yaitu untuk menjaga ideologi bangsa, menjunjung tinggi ideologi, keberanian, disiplin dan setia pada bangsa dan negara,” jelasnya.

Kalla meminta Capaja mensyukuri atas perjalanan yang telah dilalui hingga saat ini karena tidak sedikit generasi muda yang ingin menjadi anggota TNI-Polri yang berhasil.

“Hari ini adalah awal dari pengabdian, awal dari bakti anda, awal dari profesionalitas anda dan bakti anda pada bangsa dan negara. Dengan guidance dari para perwira senior di sini dan contoh yang baik, anda akan dibimbing. Namun, arah dan karier ke depan tetap tergantung para Capaja,” ucapnya.

Wapres mengingatkan bahwa tantangan pertahanan dan keamanan yang dihadapi para perwira TNI-Polri ke depan tidak hanya di sektor regional seperti masalah perbatasan atau keamanan dunia maupun situasi yang tidak menentu di Laut Tiongkok Selatan.

Wapres mengingatkan bahwa tantangan pertahanan dan keamanan yang dihadapi para perwira TNI-Polri ke depan tidak hanya di sektor regional semata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News