Demi Tiket Olimpiade Tokyo, Atlet BMX Dunia Serbu Banyuwangi

Demi Tiket Olimpiade Tokyo, Atlet BMX Dunia Serbu Banyuwangi
Ratusan pembalap BMX internasional bersaing di Banyuwangi. Foto: Humas Pemkab Banyuwangi

jpnn.com, BANYUWANGI - International Bicycle Motocross (BMX) Competition kembali digelar di Banyuwangi, 26-27 Oktober 2019. Di ajang tersebut, terukir juga sejarah baru bagi dunia balap sepeda di Indonesia, karena untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah balap BMX klasifikasi Hors Class (HC).

"Ini adalah sejarah baru bagi Indonesia. Untuk kali pertama, Indonesia dipercaya menggelar hors class. Tahun ini, Banyuwangi yang mewakili Indonesia yang ditunjuk UCI (Union Cycliste International/Persatuan Balap Sepeda Dunia) untuk menggelar hors class," ungkap Ketua PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari, Sabtu (26/10).

Tak mengherankan, Banyuwangi pun diserbu ratusan pembalap dari 19 negara untuk berburu poin agar bisa lolos Olimpiade 2020 di Tokyo.

"Mata dunia BMX sekarang tertuju ke Banyuwangi. Hasil di Banyuwangi menentukan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 mendatang," ujar Okto, sapaan akrab Raja Sapta, yang juga menjabat Ketua Komite Olimpiade Indonesia.

Demi Tiket Olimpiade Tokyo, Atlet BMX Dunia Serbu Banyuwangi

Klasifikasi Hors Class sendiri hanya digelar enam kali per tahun di setiap benua. Banyuwangi terpilih sebagai tuan rumah karena memiliki sirkuit berstandard dunia. "Saya bangga dengan Banyuwangi. Sekarang banyak daerah berbondong-bondong belajar pengelolaan sirkuit ke Banyuwangi," puji Okto.

Turut hadir memantau kompetisi internasional tersebut Management Board Member UCI Dato Amarjit Singh dan Sekjen Asian Cycling Confederation (ACC) Ongkar Singh.

Bupati Abdullah Azwar Anas pun berterima kasih pada PB ISSI yang selama ini telah menyupervisi Banyuwangi hingga memiliki sirkuit kelas internasional. Komitmen Banyuwangi menggarap BMX, imbuh Anas, bagian dari mengembangkan sport tourism.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada PB ISSI yang telah menyupervisi daerahnya hingga memiliki sirkuit internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News