Demokrasi di Indonesia, Demokrasi Topeng

Demokrasi di Indonesia, Demokrasi Topeng
Demokrasi di Indonesia, Demokrasi Topeng
JAKARTA - Pengamat Politik dari LIPI, Siti Zuhro mengatakan, Indonesia saat ini berada dalam demokrasi topeng akibat para elit politik membajak demokrasi untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya.

“Demokrasi kita itu hanya topeng saja. Sistemnya dan lembaga-lembaga memang telah memenuhi unsur-unsur negara yang demokratis, tapi demokrasi sendiri telah dibajak oleh para elit-elitnya untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya saja,” kata Siti kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/5).

Topeng demokrasi itu, menurut Siti, telah memberikan legitimasi pada para elit politik dari daerah sampai ke pusat untuk melakukan praktek-praktek yang jauh dari nilai-nilai demokrasi sebenarnya.

Kekuasaan dalam sistem demokrasi saat ini terlihat seperti tidak terpusat pada sosok satu orang seperti dalam sistem otorianisme. Tapi kenyataannya, kata dia, kekuasaan itu masih terpusat pada patron penguasa.

JAKARTA - Pengamat Politik dari LIPI, Siti Zuhro mengatakan, Indonesia saat ini berada dalam demokrasi topeng akibat para elit politik membajak demokrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News