Demokrat Anggap Pelibatan Anak Tak Masalah

Demokrat Anggap Pelibatan Anak Tak Masalah
Demokrat Anggap Pelibatan Anak Tak Masalah
JAKARTA- Berbagai cara dilakukan partai politik untuk memenangkan pemilu. Termasuk, 'mengakali' aturan soal iklan kampanye di media yang memang masih memiliki banyak lubang. Salah satunya soal pelibatan anak.

Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengakui sangat sulit menghindari pelibatan sama sekali anak dalam iklan kampanye. "Kalau sedang bicara isu pendidikan murah, tentu akan menjadi tidak juicy (menarik), tidak novelty, kalau tanpa menghadirkan para siswa berseragam," ujarnya saat diskusi iklan politik abu-abu di Bravo Media Center, Jakarta, Senin (23/2).

Pelibatan anak dalam tema iklan kampanye semacam itu, kata Anas, seharusnya tidak dipermasalahkan. Sebab, menurut dia, secara substansi pelibatan anak di iklan tentang isu pendidikan murah, misalnya, tidak melanggar jiwa dari aturan pelarangan di UU Pemilu.

Anas lantas mengungkapkan bahwa semangat dibuatnya aturan tersebut karena fenomena maraknya pelibatan anak dalam kampanye terbuka di Pemilu 2004. "Kalau begitu, tentu saja membahayakan dan mengeksploitasi secara politik," ujarnya. Tapi, kalau ditampilkan saat iklan isu pendidikan, menurut dia, seharusnya tidak menjadi masalah.

JAKARTA- Berbagai cara dilakukan partai politik untuk memenangkan pemilu. Termasuk, 'mengakali' aturan soal iklan kampanye di media yang memang masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News