Demokrat Menempatkan Caleg Petahana pada Nomor Urut Pertama

Demokrat Menempatkan Caleg Petahana pada Nomor Urut Pertama
Roy Suryo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan partainya punya standarisasi dalam menempatkan calon legislatif (caleg) di nomor urut tertentu.

Di Partai Demokrat, menurut Roy, caleg petahana biasanya ditempatkan pada nomor satu. Kemudian, baru pengurus inti bisa DPP, DPD, DPC, kader dan vote getter.

"Kami tidak akan menempatkan orang baru itu posisi nomor satu, vote getter nomor satu, tidak,” kata Roy dalam diskusi Colak-Colek Caleg di Cikini, Jakarta, Sabtu (21/7).

Roy mencontohkan di Daerah Pemilihan Jawa Barat (Dapil Jabar) II. Di sana ada nama juara dunia bulu tangkis, Taufik Hidayat. Namun, di situ juga ada caleg petahana yakni Dede Yusuf.

“Kami tempatkan Mas Dede Yusuf di urutan pertama. Kami tetap memandang kader ini petahana jadi harus di nomor urut pertama,” katanya.

Lebih lanjut, Roy mengatakan Partai Demokrat juga tidak ingin tiba-tiba merekrut artis menjadi caleg dengan alasan sudah diberikan pendidikan politik.

Roy mengatakan memang ada beberapa artis yang berhasil ketika menjadi anggota DPR, antara lain Tantowi Yahya dan Dede Yusuf.

“Ketika menjadi anggota dewan mereka melepas keartisannya,” katanya.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan partainya punya standarisasi dalam menempatkan calon legislatif (caleg) di nomor urut tertentu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News