Desak Freeport Ikut Berkabung

Jenazah Kwalik Ditutupi Bintang Kejora

Desak Freeport Ikut Berkabung
Desak Freeport Ikut Berkabung
TIMIKA - Penyerahan jenazah Kelly Kwalik kepada pihak keluarga dilakukan dengan serangkaian seremoni resmi. Hanya saja, di tengah suasana tenang lantaran berkabung, tiba-tiba muncul keributan. Kericuhan dipicu pernyataan Direktur Lembaga Masyarakat Adat Amungme (Lemasa) Kabupaten Mimika, Nerius Katageme, yang mengatakan bagi warga yang ingin penyampaian aspirasi tidak perlu semuanya berbicara, namun bisa secara tertulis.

Mendengar pernyataan Nerius tersebut, massa yang semula tenang, menjadi marah. Akibatnya, massa melakukan pelemparan dengan batu dan botol air mineral ke arah Nerius. Tenda-tenda tempat masyarakat berteduh pun sebagian dirusak. Massa juga melempar batu ke arah petugas keamanan yang semula siaga mengawal jalannya perkabungan jenasah.

Karena dilempari batu, petugas keamanan sempat terpukul mundur. Keadaan tidak berlangsung lama, karena aparat mengeluarkan tembakan peringatan ke atas untuk menghalau. Suasana mulai mereda dan masyarakat menjadi tenang.

Namun akibat aksi pelemparan oleh massa, anggota Dalmas Polres Mimika, Bripda N P Purba, terkena lemparan batu pada rusuk kiri. Korban langsung dilarikan ke RSMM untuk mendapatkan pertolongan.

TIMIKA - Penyerahan jenazah Kelly Kwalik kepada pihak keluarga dilakukan dengan serangkaian seremoni resmi. Hanya saja, di tengah suasana tenang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News