Desak Indofood juga Transparan

Desak Indofood juga Transparan
Desak Indofood juga Transparan

JAKARTA - Kasus penarikan produk makanan Indomie di Taiwan yang sempat memicu emosi kalangan produsen dalam negeri, sisi lain sebenarnya harus juga bisa dipahami secara bijaksana. Sikap mengembargo produk makanan asal Indonesia oleh pemerintah Taiwan harus dipahami juga sebagai upaya mereka untuk melindungi rakyatnya dengan menggunakan standar perlindungan konsumen secara maksimum.

           

“Kalau pemerintah kita punya kepedulian untuk melindungi kepentingan konsumenya bisa saja menerapkan hal yang sama,” kata Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo saat diskusi “Indonesia di Bawah Ancaman Perang Dagang Dunia (Belajar dari Kasus Indomie di Taiwan) di gedung DPR.

Menurutnya, salah satu kelemahan pemerintah Indonesia dalam membangun politik perdagangan luar negeri memang terletak pada sistem proteksi yang belum diatur secara maksimal. Terkait klaridikasi Badan POM atas produk Indomie yang dinyatakan aman misalnya, menurut YLKI sejauh ini juga masih belum bisa didetailkan mengenai kriteria aman tersebut, apakah aman setelah produk itu diproduksi saja, atau aman juga setelah prosuk tersebut masuk dipasaran.

     

Senada dengan Sudaryatmo, Ketua Fraksi PKB Marwan Ja’far menilai, hingga saat ini  Kementerian Perdagangan memang belum memiliki grand design yang disiapkan sejak awal dalam melindungi pasar ekspor produk nasional, Ini terbukti ketika ada produk nasional yang bermasalah di luar negeri (kasus Indomie-red), pihak Kemendag justru terkesan gagap menyikapinya.

JAKARTA - Kasus penarikan produk makanan Indomie di Taiwan yang sempat memicu emosi kalangan produsen dalam negeri, sisi lain sebenarnya harus juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News