Desak Presiden Segera Lantik Firli Bahuri Cs

Desak Presiden Segera Lantik Firli Bahuri Cs
Massa yang mengatasnamakan Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) mendesak Presiden Joko Widodo untuk melantik lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Foto : Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Massa yang mengatasnamakan Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) mendesak Presiden Joko Widodo untuk melantik lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Hal ini disampaikan massa MPD saat menggelar aksi di depan Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/9).

"Jumlah kami satu, tujuan kami satu, percepat pelantikan pimpinan KPK terpilih," kata Koordinator MPD Zulfikar alias Mat Peci.

Mat Peci juga meminta pimpinan KPK yang aktif saat ini, yaitu Agus Rahardjo Cs untuk mengundurkan diri dengan segera. Selain itu, massa juga meminta dibubarkannya Wadah Pegawai (WP) KPK.

"Pelemahan justru datang dari internal KPK sendiri. Tidak sepatutnya mereka membangun konsolidasi di dalam gedung ini, gedung yang dibuat dengan uang negara, sementara mereka menolak menaati undang-undang," sambungnya.

MPD, tambah dia, juga mengapresiasi keputusan DPR RI yang telah mengesahkan RUU KPK menjadi UU KPK. "Kami sangat mendukung UU KPK yang sudah disahkan," ujarnya.

Dari pantauan, para pengunjuk rasa membawa sejumlah spanduk dan poster dengan beragam tulisan, di antaranya "Saut dan Pegawai yang Mundur Segera Out dari Gedung KPK" serta "Malu Dong Masih Pake Fasilitas KPK".

Sejumlah pengunjuk rasa juga tampak memakai kostum sejumlah tokoh pewayangan, seperti Hanoman, Bima, Arjuna dan para Punakawan. (tan/jpnn)

Presiden Joko Widodo diminta segera melantik lima pimpinan KPK yang baru dipilih di DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News