Di Mata PDIP, Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution Sama Saja

Di Mata PDIP, Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution Sama Saja
Gibran Rakabuming Raka. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan pihaknya tidak akan membeda-bedakan bakal calon kepala daerah (cakada) yang telah mendaftarkan diri, termasuk Gibran Rakabuming Raka.

Bahkan, Hasto menjamin pihaknya memberi kebijakan yang sama terhadap anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, yang berencana mendaftar sebagai calon wali kota (cawalkot) Solo dengan kandidat lainnya.

Hasto menekankan setiap cakada yang ingin diusung oleh PDIP harus melewati tahapan yang ketat. Kemudian keterpilihannya pun berdasarkan kehendak rakyat serta diputuskan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Inilah hebatnya PDI Perjuangan, karena kami Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Dengan demikian ruang demokrasi itu dibuka lebar bagi setiap kader-kader partai untuk berproses menjadi calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah," kata Hasto di sela kunjungannya di Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (9/12).

Hasto menyadari ada dinamika di cawalkot Solo mengenai keinginan Gibran untuk maju. Menurut Hasto, pihaknya menghargai itu sebagai bentuk demokrasi yang dijamin oleh konstitusi partai. "Namun, nanti ketika Ibu Ketua Umum sudah mengambil keputusan, kami menyakini sesuai dengan garis disiplin partai, semua akan mengikuti rekomendasi DPP partai," tambah Hasto.

Awak media pun menanyakan apakah perlakuan terhadap Gibran berlaku sama kepada menantu Presiden Jokowi, Bobby Afif Nasution yang berencana maju sebagai Wali Kota Medan? Hasto menegaskan, tidak ada perbedaan.

"Semua diperlakukan sama. Kami tidak pernah membedakan seseorang atas dasar kedudukannya. Mereka yang tertarik untuk dicalonkan oleh PDI Perjuangan, diusung oleh PDI Perjuangan, harus mengikuti tahapan-tahapan," kata Hasto.

"Seperti pendaftaran, psikotes, sekolah partai wajib diikuti karena di dalam sekolah para calon kepala daerah, mereka kami persiapkan tidak hanya dalam aspek ideologi, tapi pemerintahan yang baik dengan pengajar yang sudah berpengalaman dan terbukti mampu membawa kemajuan di daerahnya," tambah alumni UGM ini.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan komentar terbaru soal Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News