Di Rumah Bobby, Kahiyang Injak 'Dingin Dingin'

Di Rumah Bobby, Kahiyang Injak 'Dingin Dingin'
Kahiyang Ayu di rumah mertua mengikuti prosesi adat. Foto: JawaPos

jpnn.com, MEDAN - Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu sudah menjalani upacara Mangupa Haroan Boru (penyambutan pengantin perempuan) kemarin (19/11) pukul 18.15 WIB.

Tradisi itu dilakukan Kahiyang setiba di rumah orang tua sang suami, Bobby Afif Nasution, di Bukit Hijau Regency (BHR) Kawasan Taman Setia Budi Indah, Medan.

Setelah melangsungkan akad nikah pada 8 November 2017 di Solo, pasangan Kahiyang Ayu-Bobby Afif Nasution untuk kali pertama datang ke Medan.

Sesuai adat istiadat Mandailing, setiap pengantin perempuan yang hendak masuk ke rumah mertuanya harus mengikuti upacara Haroan Boru.

Sebelum masuk ke rumah, Kahiyang menginjak berbagai jenis tumbuhan yang diletakkan di pintu rumah seperti batang pisang.

Batang pisang dan tumbuhan lainnya merupakan perlambang keinginan agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa kesejukan dan kedamaian.

Karena itu, batang pisang dan tumbuhan lain yang diinjak Kahiyang tersebut diistilahkan "dingin dingin".

Salah seorang pengetua adat Mandailing yang bergelar Mangaraja Ihutan Soripada, Afifudin Lubis, menjelaskan bahwa keluarga yang menerima Kahiyang terdiri atas tiga komponen.

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu sudah menjalani upacara Mangupa Haroan Boru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News