Diare dan Pneumonia jadi Musuh Utama Anak-Anak

Diare dan Pneumonia jadi Musuh Utama Anak-Anak
Diare dan Pneumonia jadi Musuh Utama Anak-Anak
DUA jenis penyakit yaitu pneumonia (infeksi saluran pernapasan) dan diare menjadi biang utama penyebab utama kematian pada anak di seluruh dunia, terutama dari kalangan tak berpunya. Menurut United Nations Children's Fund (UNICEF), dua penyakit itu menewaskan lebih dari dua juta anak setiap tahunnya.

Berdasarkan data UNICEF yang dikutip AFP, Sabtu (9/6), 29 persen jumlah kematian balita diakibatkan dua penyakit itu. Rinciannya, 18 persen akibat peneumonia dan 11 persen akibat diare. Padahal, sedikit upaya sebenarnya mampu menyelamatkan nyawa balita dari diare dan peneumonia.

Berdasarkan laporan lembaga PBB yang bertugas mengurus persoalan anak-anak itu, 75 negara dengan angka kematian tinggi disarankan menangani anak-anak kalangan miskin penderita pneumonia dan diare melalui pendekatan ekuitas. Caranya, melalui intervensi sehingga kalangan miskin bisa mendapat akses kesehatan sebagaimana 20 persen kalangan berada.

Upaya prioritas melalui pendekatan ekuitas yang perlu dilakukan antara lain dengan vaksinasi, menggiatkan penggunaan ASI, mempermudah akses pada air bersih dan sanitasi yang baik, serta menawarkan antibiotik bagi penderita diare dan rehidrasi bagi penderita peneumonia.

DUA jenis penyakit yaitu pneumonia (infeksi saluran pernapasan) dan diare menjadi biang utama penyebab utama kematian pada anak di seluruh dunia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News