Diare Mulai Serang Pengungsi

Diare Mulai Serang Pengungsi
Diare Mulai Serang Pengungsi
KLATEN- Setelah  puluhan pengungsi terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akit (ISP), kini giliran penyakit Diare yang mulai diderita pengungsi. Sejak dua hari terakhir jumlah pasien yang mengeluhkan sakit perut semakin banyak. Hal ini ditandai dengan permintaan obat sakit perut di Pos Kesahatan yang berpusat Puskesmas Kemalang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rony Roekmito mengatakan, jumlah pasien  yang menderita berbagai jenis penyakit terus ditangani tim medis. Ada sekitar 9 orang yang harus menjalani rawat inap di Puskesmas dan Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro. "Sebelumnya pasien yang rawat inap ada 13 orang, namun sebagian sudah pulang.Diare  menjadi penyakit yang harus mulai diwaspadai oleh pengungsi. Karena saat ini sudah ada pasien yang mulai terserang penyakit ini. Memang yang menjalani rawat inap baru satu orang," ujarnya.

Dia menjelaskan, namun yang meminta obat sakit perut ke posko kesehatan dalam sehari jumlahnya sudah belasan. Ini menandakan penyakit diare sudah mulai menyerang pengungsi yang bertahan di Posko Pengungsian."Memang tidak semua pengungsi yang menderita diare harus menjalani rawat inap. Mungkin sebagian hanya merasa sakit perut, sehingga hanya menjalani rawat jalan. Mereka hanya meminta kepada petugas medis obat," ujarnya.

Rony menilai penyakit diare menyerang pengungsi karena dipengaruhi oleh pola makan yang tidak teratur. Dia memaklumi hal tersebut, karena selama berada di Pos Pengungsian ada ribuan warga yang harus dilayani oleh relawan dan petugas dari Satkorlak PB. "Saya menyarankan pengungsi harus tetap menjaga pola makan. Tidak hanya itu pola hidup bersih dan sehat (PHBS) juga harus  tetap dibiasakan. Terutama di tempat yang dijadikan untuk tidur dan makan. Karena  diare tidak hanya dipengaruhi  makanan yang dikonsumsi tapi kebiasaan menjaga kebersihan yangb kurang," ungkapnya.

KLATEN- Setelah  puluhan pengungsi terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akit (ISP), kini giliran penyakit Diare yang mulai diderita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News