Dibentuk Tim Khusus Investigasi Kasus Sampang

Dibentuk Tim Khusus Investigasi Kasus Sampang
Dibentuk Tim Khusus Investigasi Kasus Sampang
JAKARTA-Konflik horizontal yang disebut-sebut bernuansa agama menyudahi edisi 2011. Minimnya sikap toleransi keagamaan plus pendapatan menjadi pangkal kekerasan dengan melegalkan segala cara atas nama agama. Kondisi ini memang tidak murni terjadi di wilayah agama saja. Kekerasan dalam berbagai penampakannya dipicu oleh banyak faktor. Tidak terkecuali bentrok beraroma agama yang melibatkan penganut Sunni vs Syiah di Sampang, Madura, Jawa Timur, belum lama ini.

’’Tidak bisa melihat persoalan itu hanya dalam satu sudut. Banyak faktor yang melingkupi juga harus dikaji dengan seksama,’’ ungkap Suryadharma Ali, Menteri Agama, di Hotel Borobudur, Jakarta, tadi malam.

Khusus konflik Sunni vs Syiah, pria yang akrab disapa SDA ini menyebut pihaknya telah membentuk tim khusus. Tim bentukan Kementerian Agama itu bertugas melakukan investigasi secara menyeluruh apa yang terjadi di lapangan. Tindakan apa yang akan diambil nantinya akan disesuaikan dengan tingkat kerumitan di lapangan. ’’Belum bisa disimpulkan hasilnya,’’ kata Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Ketika disinggung mengenai progres tim khusus melakukan investigasi kasus tersebut, SDA belum mau menyebutkannya. Hasil sementara, kata dia, ada di tangan Wakil Kementerian Agama (Wamenag). ’’Ada di wakil saya. Tanya aja,’’ ujar pria berkacamata itu.

JAKARTA-Konflik horizontal yang disebut-sebut bernuansa agama menyudahi edisi 2011. Minimnya sikap toleransi keagamaan plus pendapatan menjadi pangkal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News