Dibutuhkan 400 Ribu Guru Besertifikasi, Terbanyak untuk SD

Dibutuhkan 400 Ribu Guru Besertifikasi, Terbanyak untuk SD
Siswa SD. Ilustrasi Foto: Mesya Mohammad/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pembelajaran dan Kemahsiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ismunandar mengungkapkan, saat ini Indonesia membutuhkan 400 ribu guru profesional atau besertifikasi.

Rinciannya, 221 ribu guru untuk Sekolah Dasar (SD) dan 187 ribu guru untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Karena dibutuhkan banyak guru profesional, makanya dibuka Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Kebutuhan guru ini juga disebabkan sekitar 40 ribu guru yang pensiun setiap tahunnya," kata Ismunandar di Jakarta, Senin (11/11).

Dia berharap melalui program ini, mahasiswa yang fresh graduate memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan profesi guru ini. Sebab, selama ini pemerintah lebih fokus hanya yang PPG dalam jabatan.

"Selain itu melalui PPG, calon guru bisa mengajarkan mata pelajaran yang diasuh itu dengan baik, paham akan psikologi siswanya, dan tahu teknologi yang cocok untuk men-deliver materi kepada siswa-siswanya,” tutur Ismunandar.

Direktur Pembelajaran, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Paristiyanti menyebutkan, pemenuhan kuota tersebut harus dibarengi dengan mutu lulusan program profesi guru yang tinggi, serta merata di seluruh Indonesia.

Menurutnya hal itu untuk mendorong terwujudnya visi Indonesia maju dengan Sumber Daya Manusia yang unggul. Salah satu solusinya adalah dengan membentuk konsorsium perguruan tinggi.

“Konsorsium ini akan menyamakan visi dan misi dalam menyiapkan guru profesional untuk Indonesia di masa akan datang. Selain itu juga akan membuat sistem nasional dan regulasi mulai pendaftaran sampai uji kompetensi, penelusuran lulusan, penempatan dan pengukuran learning outcome untuk melihat apakah calon guru ini betul-betul berkualitas di sekolah tempat mereka bekerja," tandasnya. (esy/jpnn)

Indonesia saat ini membutuhkan 400 ribu guru profesional atau besertifikasi, sehingga dibuka Pendidikan Profesi Guru alias PPG.


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News