Digagas, Pembentukan Provinsi Pantai Timur Sumatera

Digagas, Pembentukan Provinsi Pantai Timur Sumatera
Digagas, Pembentukan Provinsi Pantai Timur Sumatera

jpnn.com - KISARAN - Setelah Provinsi Tapanuli, Sumatera Tenggara, dan Provinsi Kepulauan Nias, kini muncul lagi gagasan pembentukan provinsi baru di Sumatera Utara. Namanya Provinsi Pantai Timur Sumatera.

Pembentukan provinsi meliputi enam kabupaten/kota di pesisir Pantai Timur Sumatera Utara, yakni Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu Utara (Labura), Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Rencananya, deklarasi pembentukan Provinsi Pantai Timur Sumatera digelar di aula kantor Bupati Asahan, Rabu (4/6) lusa. Bahkan para tokoh pembentukan provinsi baru tersebut sudah membuat motto yakni ‘Mutiara di Selat Malaka Bersama Kita Jaya’.

Pertemuan para penggagas dan tokoh pembentukan Provinsi Pantai Timur Sumatera sudah digelar di rumah dinas Bupati Asahan, Sabtu (31/5). Mereka yang hadir antara lain Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang, akademisi Dr Yusuf, anggota DPRD Sumut Muslim Simbolon, Sigit Pramono Asri, dan beberapa tokoh lainnya.

Disebutkan dalam pertemuan itu, deklarasi provinsi baru akan dihadiri para kepala daerah dari enam kabupaten/kota yang akan menjadi bagian Provinsi Pantai Timur Sumatera. Sementara itu, yang memimpin deklarasi dipercayakan kepada Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang.

Dr Yusuf dalam pemaparannya mengatakan, sesuai undang-undang, pembentukan Provinsi Pantai Timur Sumatera sudah memenuhi syarat.

Akademisi yang aktif di perguruan tingggi di Medan ini menyebutkan, untuk pemekaran Provinsi Pantai Timur Sumatera, sesuai kajiannya memiliki nilai 452 poin.

“Pertumbuhan ekonomi di calon daerah baru cukup baik. Wilayahnya luas, SDM masyarakat sangat layak dibanding daerah lain,” sebut Dr Yusuf.

KISARAN - Setelah Provinsi Tapanuli, Sumatera Tenggara, dan Provinsi Kepulauan Nias, kini muncul lagi gagasan pembentukan provinsi baru di Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News