Digitalisasi Buka Akses UMKM Indonesia Go Global

Digitalisasi Buka Akses UMKM Indonesia Go Global
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto berbincang dengan mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di podcast EndGame. Foto: YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto menegaskan komitmen pihaknya membantu para pelaku UMKM untuk jadi bagian ekosistem digital.

Berdasarkan pengalamannya meninjau sejumlah pasar tradisional, banyak pelaku UMKM yang ingin go digital, tetapi tidak mengetahui caranya.

“Makanya kami buat lebih banyak lagi pusat-pusat edukasi melalui Kampus UMKM Shopee, di kampus-kampus ini jadi markas," ujar Christin saat berbincang dengan Gita Wirjawan dalam podcast EndGame baru-baru ini.

Dalam perbincangan itu Cristin mengungkapkan bahwa Shopee telah membantu lebih dari 5 juta pelaku usaha masuk ekosistem digital sejak 2018.

Namun, angka tersebut masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah UMKM yang belum tersentuh digitalisasi.

Menurut dia, Shopee mengharapkan teknologi digital bisa membantu para pelaku UMKM Indonesia merambah pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke seluruh dunia.

Karena itu, salah satu program yang digalakkan oleh Shopee adalah Kampus UMKM Shopee Ekspor.

“Saya bisa membayangkan peran UMKM sudah bisa meningkatkan produksi, produktivitas ditopang dengan teknologi, ditopang dengan inklusi keuangan, mereka bisa melakukan ekspor bukan hanya ke ASEAN, tapi bisa sampai ke berbagai negara lain, termasuk Amerika Latin,” tutur dia.

Membantu pelaku usaha lokal menembus pasar global adalah salah satu cara Shopee berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi Indonesia.

Digitalisasi bisa membantu para pelaku UMKM Indonesia merambah pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke seluruh dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News