Diisi Birokrat, Wakil Kepala Daerah Bakal Seperti Wamen

Diisi Birokrat, Wakil Kepala Daerah Bakal Seperti Wamen
Diisi Birokrat, Wakil Kepala Daerah Bakal Seperti Wamen
JAKARTA -- Pemerintah telah resmi menyerahkan draft Rancangan Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah ke DPR. Salah satu isu krusial soal posisi wakil kepala daerah yang tak lagi melalui mekanisme pemilihan.

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) AW Thalib berpendapat bila posisi wakil kepala daerah diisi oleh pejabat karir dikhawatirkan akan bernasib sama dengan nasib wakil menteri (wamen).

"Ini akan menjadi perdebatan dan dikhawatirkan ini akan senasib dengan kedudukan Wamen yang telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi," ujar AW Thalib di gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/6).

Menurut Wakil Sekretaris Fraksi PPP ini dengan dihapusnya posisi wakil kepala daerah dalam draf RUU Pilkada maka konsekuensinya jabatan tersebut akan diisi oleh pejabat karir. "Jadi sebaiknya jabatan Wakil Kepala Daerah adalah tetap jabatan politik yang juga dipilih bersama Kepala Daerah," ucap politikus asal Gorontalo itu.

JAKARTA -- Pemerintah telah resmi menyerahkan draft Rancangan Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah ke DPR. Salah satu isu krusial soal posisi wakil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News