JPNN.com

Dikaji, Kloter Khusus Lansia

Senin, 21 Januari 2013 – 10:27 WIB Dikaji, Kloter Khusus Lansia - JPNN.com
PALEMBANG – Kementerian Agama (Kemenag) RI sedang mengkaji rencana untuk mengadakan kelompok terbang (kloter) khusus bagi jemaah calon haji (JCH) lanjut usia (lansia). Kloter khusus ini akan diadakan pada penyelenggaraan haji tahun ini/1444 H.

Yang menjadi pertimbangan pusat, kloter khusus ini sebagai upaya untuk mengurangi dampak kematian para jemaah lansia. “Memang ada rencana itu, tapi masih dibahas di pusat. Kita tunggu saja kepastiannya,” kata Kakanwil Kemenag Sumsel Drs H Najib Haitami MM melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Drs H Udin Djuhan MM, Minggu (20/1).

Menurut Udin, ada tidaknya kloter khusus lansia itu juga tergantung jumlah jemaah pada masing-masing embarkasi. Seperti jemaah Sumsel dan Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang berangkat haji tahun lalu (2012), kalau mau diambil yang usianya 80 tahun ke atas, jumlahnya paling sekitar 100 orang.

“Tapi kalau yang dimaksud jemaah lansia itu mulai usia 60 tahun atau lebih, maka jumlahnya cukup banyak. Untuk Sumsel saja ada 30-40 persen dari total jemaah kita,” imbuhnya. Nah, jemaah mana yang akan masuk dalam kloter khusus lansia ini juga belum diputuskan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...