Dilantik Mendagri, Surunuddin-Arsalim Resmi Pimpin Konsel

Dilantik Mendagri, Surunuddin-Arsalim Resmi Pimpin Konsel
Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pasangan Surunuddin Dangga-Arsalim sah menjadi orang nomor satu dan orang nomor dua di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Hal ini setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik keduanya dengan Surat Keputusan (SK) Nomor 131.74-828/829, di Gedung Kemendagri, Selasa (23/2) petang. 

Di hadapan seratusan undangan, Tjahjo menegaskan, langkahnya melantik Surunuddin-Arsalim tidak menyalahi aturan. Mendagri berhak melakukannya atas nama presiden, setelah sebelumnya syarat-syarat terpenuhi dan untuk itu secara khusus Mendagri telah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo. 

"Dasar kami itu ada surat dari KPUD dan DPRD Konawe Selatan,” ujar Tjahjo di ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Kemendagri.

Kalau ada penolakan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, kata Tjahjo, pihaknya bersedia memberi penjelasan secara detail.

Menurut mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini, dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, memang disebut, pelantikan bupati/wali kota terpilih dilaksanakan oleh gubernur di ibukota provinsi. Namun dalam undang-undang yang sama, pada Pasal 164 juga diatur, pelantikan dapat dilakukan Mendagri kalau gubernur atau wakil gubernur berhalangan.

Selain itu, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga mengatakan, langkahnya tidak akan membawa dampak terhadap keberlangsungan pemerintahan di Konsel. Ia pun memerintahkan agar pasangan yang baru dilantik untuk segera menghadap Gubernur Sultra Nur Alam, Rabu (24/2), untuk berkoordinasi.

"Bupati-wakil bupati dipilih masyarakat. Jadi saya minta secepatnya bekerja melayani masyarakat," ujar Tjahjo.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News