Din Syamsuddin Layak Dampingi Jokowi

Din Syamsuddin Layak Dampingi Jokowi
Din Syamsuddin Layak Dampingi Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti Maarif Institute, Endang Tirtana memetakan nama-nama yang layak mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Dari banyaknya nama yang beredar, Endang menyebut nama Din Syamsuddin.

Menurut Endang, Din layak menjadi calon wakil presiden dipasangkan dengan Jokowi karena punya jaringan dan dukungan internasional.

"Jokowi itu fenomenal, cerdas dan populis, perlu didampingi tokoh Islam moderat, moderen seperti Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin," kata Endang saat dihubungi wartawan, Rabu (24/7).

Endang juga menyarankan agar Din ikut konvensi calon presiden (Capres) yang dilakukan Partai Demokrat (PD). Kata dia, konvensi ini penting karena menjadi modal tambahan mendapatkan dukungan partai politik.

"Seharusnya lingkaran dekat Din Syamsuddin mendorong Din Syamsuddin agar ikut sebagai peserta konvensi capres PD," pungkasnya.

Wacana menduetkan Jokowi dengan tokoh di luar PDIP bukan kali ini saja. Sebelumnya, Board of Advisor Center for Strategic and International Studies (CSIS), Jeffrie Geovanie berpendapat calon pendamping Jokowi harus dari tokoh senior dari Golkar.  Tujuannya agar memiliki dasar mengambil alih Golkar pada munas 2015 dan kemudian berkoalisi dengan PDIP di pemerintahan.

Sebagai capres dari generasi baru, Jokowi harus dipasangkan dengan figur yang lebih senior, seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama dengan Joe Biden. Tokoh Golkar senior tersebut juga, sambung Jeffrie, sebaiknya mempunyai kemampuan diplomasi luar negeri yang baik, mengingat Jokowi akan fokus mengurus dalam negeri. (awa/jpnn)

 


JAKARTA - Peneliti Maarif Institute, Endang Tirtana memetakan nama-nama yang layak mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News