Dinihari, Lubang Besar Muncul di Perumahan

Dinihari, Lubang Besar Muncul di Perumahan
BERLUBANG - Pemandangan lubang di tanah yang muncul tiba-tiba di kawasan pemukiman di Schmalkalden, Jerman Tengah, Senin (1/11) dinihari waktu setempat. Foto: AP Photo/Jens Meyer.
SCHMALKALDEN - Sebuah peristiwa tak terduga terjadi di kawasan Jerman Tengah. Sebuah lubang di tanah, tiba-tiba saja muncul di tengah malam, atau tepatnya sekitar pukul 03.00 dinihari, Senin (1/11) waktu setempat, di sebuah perumahan di Kota Schmalkalden.

Sebagaimana diberitakan situs CSM yang mengutip Der Spiegel, lubang besar berdiameter sekitar 30 meter dan kedalaman kurang lebih 20 meter itu, muncul begitu saja tanpa aba-aba. Dilaporkan, tak ada korban jiwa maupun terluka dalam kejadian ini, meski lubang tersebut sempat menelan sebuah mobil yang diparkir, serta sebuah pintu garasi.

Lubang yang berbentuk persis lingkaran itu, disebutkan juga telah menyebabkan harus dievakuasinya 25 orang warga, dari sekitar 23 bangunan di perumahan tersebut. Sejauh ini, sejumlah ahli (geologi) berpendapat bahwa lubang tersebut terbentuk oleh sebab-sebab alamiah, kendati masih harus diteliti lebih lanjut penyebab pasti kemunculannya.

Lubang di tanah semacam ini sendiri, diyakini kerap terjadi di berbagai belahan dunia, yang banyak diduga disebabkan oleh erosi lapisan garam, atau bebatuan sedimen tertentu - seperti limestone atau sodomite - di bawah permukaan tanah. Akibat erosi, biasanya air tanah yang mengalir melalui celah-celah lapisan lalu menciptakan semacam ruang hampa, yang selanjutnya bisa membuat tanah tiba-tiba ambrol.

SCHMALKALDEN - Sebuah peristiwa tak terduga terjadi di kawasan Jerman Tengah. Sebuah lubang di tanah, tiba-tiba saja muncul di tengah malam, atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News