Dinkes Ajukan Tambahan Dokter dan Bidan

Dinkes Ajukan Tambahan Dokter dan Bidan
Dinkes Ajukan Tambahan Dokter dan Bidan
MATARAM--Jumlah dokter dan bidan yang dimiliki puskesmas di Kota Mataram dinilai masih kurang ideal. Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi, mengatakan, idealnya semua pasien yang masuk puskesmas harus ditangani dokter. "Kalau ada formasi, kita akan ajukan ke pusat," katanya.

Usman menjelaskan, saat ini ada 11 puskesmas di Kota Mataram, empat di antaranya berstatus puskesmas perawatan. Puskesmas yang memiliki dokter lebih dari satu, baru tiga puskesmas. "Untuk puskesmas perawatan dokternya ada dua," sambungnya.

Dikatakan, puskesmas perawatan seharusnya memang memiliki tiga dokter. Sementara puskesmas nonperawatan cukup memiliki dua dokter saja. Berstatus sebagai puskesmas kota, pelayanan yang diberikan harus sebaik mungkin. "Bisa ditambah lima dokter saja sudah bersyukur," tukasnya.

Sementara itu, jumlah bidan sendiri ada 78 orang. Jumlah poskesdes ada 12 unit, baru tujuh sampai delapan poskesdes saja yang memiliki bidan. Jumlah bidan di poskesdes masih harus ditambah. "Harusnya semua poskesdes punya bidan," ucapnya.

MATARAM--Jumlah dokter dan bidan yang dimiliki puskesmas di Kota Mataram dinilai masih kurang ideal. Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News