Diperluas hingga Radius 10 Km

Menhut soal Hutan Taman Nasional di Lereng Merapi

Diperluas hingga Radius 10 Km
Diperluas hingga Radius 10 Km
BOYOLALI –  Perhatian pemerintah terhadap kawasan Gunung Merapi tak pernah surut. Kementerian Kehutanan malah berniat memperluas Hutan Taman Nasional (HTN) di Merapi dari radius 8 kilometer dari puncak Merapi menjadi 10 kilometer. Perluasan itu antara lain bertujuan untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat setempat.

"Kami telah bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan untuk membicarakan masalah perluasan hutan taman nasional di Merapi dari radius delapan hingga 10 kilometer," kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, usai menyerahkan bantuan bibit tanaman di Dukuh Jambean, Desa Ngargosari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, kemarin (4/2).

Menhut mengatakan, hutan itu akan diperluas menjadi taman nasional dengan skala keliling Merapi  4 Km, bahkan kalau bisa radius hingga 10 Km.  Dengan demikian, kawasan tersebut bisa jadi taman wisata. Ia aman untuk penduduk, karena mereka tidak tinggal di daerah itu lagi. Penduduk juga bisa memanfaatkannya untuk menanam tanaman yang bermanfaat.

Meski begitu, kata Zulkifli, hingga saat ini, di lereng Merapi ada masih lahan penduduk dan permukiman. Apakah mereka dapat dipindahkan atau tidak, untuk itu pihaknya masih membicarakan dengan pemerintah daerah setempat. "Pada dasarnya perluasan hutan Merapi harus dipikirkan bersama. Sebab, masalah pembebasan lahan penduduk dan permukimannya bisa dijadikan taman nasional," katanya.

BOYOLALI –  Perhatian pemerintah terhadap kawasan Gunung Merapi tak pernah surut. Kementerian Kehutanan malah berniat memperluas Hutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News