Diprediksi Dapat 2,9 Persen, SB Anggap Survei Salah

Diprediksi Dapat 2,9 Persen, SB Anggap Survei Salah
Diprediksi Dapat 2,9 Persen, SB Anggap Survei Salah
JAKARTA - Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir (SB) tak terima dengan hasil survei bersama empat lembaga dua hari lalu. Di situ partai berlambang matahari terbit itu ditempatkan di posisi buncit kedua, dari daftar delapan parpol yang diperkirakan mampu lolos parliamentary threshold (PT) 2,5 persen.

Dari hasil survei bersama yang dilakukan CSIS, LP3ES, LIPI, dan PuskapUI itu, PAN diperkirakan hanya akan mendapat 2,91 persen suara. PAN berada di nomor urut tujuh, tepat di atas Partai Gerindra, yang merupakan partai terakhir yang diperkirakan lolos syarat minimal perolehan kursi tersebut.

"Metode yang dilakukan masih salah, masih seperti survei di Pemilu 2004 lalu," ujar Soetrisno Bachir di Jakarta, Kamis (12/3).

Seharusnya, kata dia, metode survei sudah disesuaikan dengan sistem pemilu di Indonesia yang menerapkan penetapan caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak. Artinya, pada pemilu saat ini, masyarakat tak lagi memilih lambang partai, tapi memilih calon legislatif yang diinginkan sebagai wakil dari daerah masing-masing. "Ini kok surveinya masih seperti itu, masih konvensional," tandasnya.

JAKARTA - Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir (SB) tak terima dengan hasil survei bersama empat lembaga dua hari lalu. Di situ partai berlambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News