Disambut Antusias Warga Jakarta, IKRA Kembali Digelar Tahun Ini

Disambut Antusias Warga Jakarta, IKRA Kembali Digelar Tahun Ini
Ilustrasi - Membaca buku bisa membantu menenangkan hati dan pikiran. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta Wahyu Haryadi mengatakan kegiatan literasi Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) kembali dilanjutkan.

Kegiatan ini dilakukan pada periode Triwulan I tahun 2022 mengingat tingginya antusiasme warga mengikuti pada tahun lalu.

“Harapannya pada periode ini antusiasme masyarakat semakin meningkat karena kami menyasar lebih banyak masyarakat dengan berkolaborasi bersama unsur-unsur terkait, yaitu unsur kecamatan, unsur kelurahan dan unsur PKK di wilayah Provinsi DKI Jakarta,” kata Wahyu, Kamis (3/2).

Wahyu menambahkan peserta IKRA nantinya dipinjamkan koleksi buku yang didistribusikan oleh Dispusip melalui kader PKK masing-masing kelurahan.

Kader tersebut adalah mitra kolaborasi Diapusin dalam pendaftaran kepesertaan dan pendistribusian bahan bacaan kepada keluarga peserta IKRA.

“Buku-buku yang telah didistribusikan tersebut kemudian dibaca bersama-sama di dalam keluarga dan diringkas isinya oleh anak dengan didampingi oleh orang tua," ungkap Wahyu.

Ia menambahkan ringkasan dan dokumentasi kegiatan tersebut akan dipublikasikan ke media sosial, baik dalam bentuk foto maupun video.

Tujuan kegiatan IKRA adalah untuk menjadikan kegiatan membaca sebagai suatu “gerakan bersama”, serta menumbuhkan budaya gemar membaca dan membangun kultur literasi sejak dini.

Kegiatan IKRA juga diharapkan dapat melatih kemampuan anak untuk membaca, bercerita dan menulis, serta melatih kreativitas.

Peserta nantinya akan mendapatkan e-sertifikat dan hadiah apresiasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta bekerja.

“IKRA memudahkan keluarga untuk mendapatkan bacaan berkualitas terutama di masa pandemi COVID-19 ini,” tutup Wahyu. (mcr18/jpnn)

 

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta Wahyu Haryadi mengatakan kegiatan literasi Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) kembali dilanjutkan.


Redaktur : Adil
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News