Dituduh Mengajarkan Curang, Moeldoko Bilang Begini

Dituduh Mengajarkan Curang, Moeldoko Bilang Begini
Moeldoko. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf, Moeldoko merespons kesaksian Politikus PBB (Partai Bulan Bintang) Hairul Anas soal materi kecurangan saat pelatihan saksi untuk paslon 01.

Saat menjadi saksi yang diajukan tim kuasa hukum Prabowo Subianto - Sandiaga Uno dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (20/6) malam, Hairul menyebut TKN seakan-akan mendorong saksi untuk berbuat curang. Akan tetapi itu dibantah Moeldoko.

"Konteksnya adalah saya selaku TKN memberikan pembekalan kepada para saksi. Intinya adalah supaya para saksi itu lebih waspada (kecurangan), lebih hati hati melihat situasi," ucap Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta pada Kamis (20/6).

Moeldoko lantas menceritakan dalam pelatihan tersebut, dia menyampaikan bahwa dalam sebuah demokrasi yang mengedepankan kebebasan, apa saja bisa terjadi termasuk juga kecurangan.

Untuk itu, dia meminta para saksi bekerja sungguh-sungguh, militan dan jangan sering-sering meninggalkan lokasi pemungutan suara. Bagi saksi yang berkacamata, Moeldoko punya pesan khusus supaya mereka duduk paling depan agar bisa mengamati proses penghitungan suara.

"Itu lah, konteksnya seperti itu. Jadi tidak ada saya mengajarkan mereka untuk berlaku curang. Dalam sebuah demokrasi kecurangan adalah hal yang wajar, itu sebuah pelintiran yang ngawur," tegas mantan Panglima TNI ini.

Berikutnya, saksi Hairul sendiri menurutnya sudah mengakui dalam sidang bahwa tidak ada pengajaran dari dirinya kepada para saksi untuk berbuat curang. Moeldoko pun kembali menegaskan jika dirinya tidak pernah mengajarkan untuk berbuat curang.

"Yang saya tekankan adalah bagaimana harus waspada, harus mencermati situasi. Siapa tahu nanti terjadi kecurangan. Itu lah, konteksnya seperti itu. Jadi jangan salah, jangan dibalik-balik," tandasnya.(fat/jpnn)


Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf, Moeldoko merespons kesaksian Politikus PBB (Partai Bulan Bintang) Hairul Anas soal materi kecurangan saat pelatihan saksi untuk paslon 01


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News