Diusulkan Ada Badan Khusus Urus Karakter Bangsa

Diusulkan Ada Badan Khusus Urus Karakter Bangsa
Diusulkan Ada Badan Khusus Urus Karakter Bangsa
JAKARTA-- Maraknya gerakan radikalisme di tanah air dinilai sudah pada taraf mencemaskan. Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Thohari menyarankan pemerintah untuk cepat menangkal radikalisme, salah satunya dengan membentuk badan khusus. Badan ini bertugas melakukan pembangunan atau pembentukan karakter bangsa sehingga dapat memperkuat ideologi bangsa. 

"Negara harus melakukan langkah konkrit dan serius. Dalam pertemuan antara MPR dan Presiden SBY pekan lalu juga sudah meminta kepada Presdien untuk membentuk badan tersendiri yang memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa," papar Hajriyanto Thohari dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (9/5).

Hajriyanto mengatakan, sebenarnya UU No 27 tahun 2009 tentang  MPR, DPR, DPD dan DPRD telah menugaskan kepada  Pimpinan MPR sebagai koordinator para anggota majelis untuk memasyarakatkan 4 pilar bangsa tersebut.  Hanya saja, lanjutnya, tugas itu kurang tepat jika dilakukan oleh MPR.  "Maka kami usulkan ada badan khusus tentang ini," papar Hajriyanto.

Dia juga berharap Presiden SBY memberikan perhatian khusus masalah ini lewat jalur pendidikan. Menurutnya,  sejak era reformasi,  Pancasila tidak lagi ada di dalam kurikulum pendidikan. "Ini menunjukkan kurangnya kepedulian Kemdiknas dalam penyusunan kurikulum," ujarnya.

JAKARTA-- Maraknya gerakan radikalisme di tanah air dinilai sudah pada taraf mencemaskan. Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Thohari menyarankan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News