DKI Jakarta Peringkat Teratas Pengguna Narkoba

DKI Jakarta Peringkat Teratas Pengguna Narkoba
ILUSTRASI. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Penangkapan narkotika jenis sabu-sabu seberat 268 kilogram yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dari sebuah gudang penyimpanan di komplek pergudangan Jade City Square Blok B 88 E, Jalan Kolonel Yos sudarso Km 11,5 Titipapan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (17/10), bukti konkret tingginya angka pengguna narkotika di Sumatera Utara.

Menurut Kepala Bagian Humas BNN, Slamet Pribadi, Sumatera Utara (Sumut) merupakan pengguna terbesar ke tiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Kalimantan Timur.

“Sumut menempati ranking tiga nasional setelah DKI Jakarta dan Kalimantan Timur. Pengguna di Sumut mencapai 3,6 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 300 ribu jiwa lebih,” ujar Slamet Pribadi kepada JPNN, Senin (19/10).

Selain tingginya angka pengguna, hasil pemeriksaan sementara dari dua tersangka yang diamankan saat penggerebekan, kata Slamet, juga menyebut tujuan akhir dari sabu-sabu tersebut merupakan Kota Medan.

Dengan demikian, menurut Slamet, tidak heran kalau kemudian bandar-bandar internasional menjadikan Sumut sebagai salah satu tempat paling potensial untuk mengedarkan narkoba.

Üntuk sementara dari pengakuan tersangka, memang dipasok untuk tujuan Medan. “Karena pangsa pasarnya tinggi,”ujar Slamet.

Dalam kasus ini, kata Slamet, BNN telah menetapkan dua orang tersangka dan telah membawanya ke BNN Pusat guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut. Selain itu, untuk sementara sabu-sabu diduga berasal dari jaringan internasional, yang dipasok dari Tiongkok.

“Ini barangnya untuk sementara disebut dipasok dari Cina. Sudah sering pasokannya dari sana, sudah berkali-kali kami lakukan pendalaman untuk pemasok internasionalnya,” katanya.

JAKARTA – Penangkapan narkotika jenis sabu-sabu seberat 268 kilogram yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dari sebuah gudang penyimpanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News