DKPP Jelaskan Tata Cara Penerimaan Pengaduan ke Peserta Bimtek

DKPP Jelaskan Tata Cara Penerimaan Pengaduan ke Peserta Bimtek
DKPP Jelaskan Tata Cara Penerimaan Pengaduan ke Peserta Bimtek

jpnn.com - LOMBOK –  Dengan melonjaknya jumlah perkara yang diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan diprediksi akan semakin bertambah menjelang 2014, DKPP akan membentuk tim pemeriksa di daerah.

Hal ini sesuai dengan Peraturan DKPP No 2 Tahun 2012 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilu pasal 18.

Karenanya, dalam Bimtek yang digelar di Lombok, Sabtu (21/9), DKPP menjelaskan tata cara penerimaan pengaduan kepada peserta Bimtek yang nantinya akan menjadi tim pemeriksa di daerah.

Dengan dipandu oleh fasilitator Rahmad Bagja, para peserta melakukan simulasi penerimaan pengaduan, dengan salah satu peserta berperan sebagai penerima pengaduan dan peserta lainnya sebagai Pengadu.

Adapun tujuan dari penyampaian materi ini ialah untuk membangun pemahaman dan membangun keterampilan peserta tentang tata cara penerimaan pengaduan.

“Dalam hal tata cara pengaduan, yang paling utama ialah Pengadu harus jelas identitasnya dengan cara menunjukkan kartu identitas berupa KTP, SIM, atau Paspor. Apabila dia itu lawyer, dia harus mampu menunjukkan surat kuasanya,” jelas Rahmad Bagja. (sd/sam/dil/jpnn)

 


LOMBOK –  Dengan melonjaknya jumlah perkara yang diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan diprediksi akan semakin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News