Rabu, 21 Agustus 2019 – 07:36 WIB

Doa & Asa Safari Politik PDIP di Makam Sultan Ageng Banten

Jumat, 21 Desember 2018 – 23:41 WIB
Doa & Asa Safari Politik PDIP di Makam Sultan Ageng Banten - JPNN.COM

jpnn.com, BANTEN - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang memimpin Safari Politik Kebangsaan IV menyinggahi kompleks Keraton Surosowan Banten Lama di Serang, Banten, Jumat (21/12). Tujuannya adalah berziarah sekaligus berdoa di makam Sultan Maulana Hasanuddin dan Sultan Ageng Tirtayasa.

"Kami mendoakan beliau-beliau yang berjuang tanpa pamrih menghadapi pemerintah kolonial Belanda," kata Hasto usai ziarah.

Hasto dalam kesempatan itu juga sempat meninjau proses revitalisasi kompleks tersebut. Hasto yang didampingi Ketua DPP PDIP Djarot S Hidayat juga sempat berkomunikasi dengan pihak keluarga keraton.

Djarot mengatakan, kompleks Keraton Surosowan Banten menunjukkan toleransi di Nusantara sudah berlangsung lama. Sebab, di dalam kompleks itu ada masjid dan wihara.

Menurut Djarot, toleransi yang dicontohkan komplek Kerato Banten Lama itu bisa menjadi cermin di tengah menguatnya sektarianisme menjelang Pemilu 2019. "Sekarang, masa hanya gara-gara pemilu, gara-gara pilpres, menafikan itu?" katanya .

Sedangkan Ketua DPD PDIP Provinsi Banten Asep Rakhmatulloh mendorong revitalisasi itu cepat dilakukan. Menurutnya, ide tentang revitalisasi itu sudah ada sejak 18 tahun lalu, saat Banten menjadi provinsi sendiri lepas dari Jawa Barat.

"PDIP ingin bagaimana mengangkat Kesultanan Banten ini supaya menjadi ikon Banten. Alhamdulillah sedang dalam proses pembangunannya," kata Asep.

Dalam beberapa bulan ke depan, hasil revitalisasi itu sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Banten dan para peziarah yang datang. "Ini sekaligus untuk mungkin dalam kurun waktu beberapa bulan ke menggiatkan wisata religi ziarah di Banten jadi ikon pariwisata di Banten," pungkasnya.(aim/JPC)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar