Dokter jadi Sasaran Penipuan Berkedok Seminar

Dokter jadi Sasaran Penipuan Berkedok Seminar
Dokter jadi Sasaran Penipuan Berkedok Seminar
JAKARTA - Penipuan kerap kali menimpa masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah. Namun akhir-akhir ini sasaran para penipu juga mulai menjamah kalangan berpendidikan. Seperti misalnya yang terjadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), di mana beberapa dokter menjadi korban penipuan dengan modus seminar flu burung.

Tidak tanggung-tanggung, para penipu dalam menjalankan aksinya mengatasnamakan staf Dinas Kesehatan Provinsi (Dinkesprov) Kalsel, bahkan juga Kepala Dinkesprov Rosihan Adhani. Diterangkan Rosihan, Kamis (28/7), pihaknya menerima laporan bahwa ada penipuan oleh seseorang yang mengaku bernama Fauzi. Penipu yang hingga kini belum diketahui identitas sebenarnya itu, menurutnya mengaku sebagai staf Dinkesprov Kalsel.

"Penipu menelepon dokter yang menjadi sasaran, dan memberitahukan kepada dokter tersebut bahwa akan ada Seminar Flu Burung H5N1 di Bali. Si penipu menyatakan bahwa dokter yang ia hubungi telah terpilih sebagai peserta dan akan mendapat transfer dana," ungkap Rosihan kepada JPNN.

Tak hanya sampai di situ, menurut Rosihan, penipu disebutkan juga meminta dokter sasarannya tersebut untuk menghubungi Kepala Dinkesprov Kalsel dengan nomor telepon sesuai yang diberikannya. "(Lalu) Apabila nomor tersebut dihubungi, ada yang mengaku sebagai saya (Rosihan Adhani), dan terjadilah proses (semacam) hipnotis. Lalu dokter sasaran digiring ke ATM miliknya untuk mentransfer sejumlah uang kepada si penelepon, bukan menerima dana untuk seminar," lanjut Rosihan.

JAKARTA - Penipuan kerap kali menimpa masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah. Namun akhir-akhir ini sasaran para penipu juga mulai menjamah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News