Donald Trump Bandingkan Wabah Corona dengan Pearl Harbor dan 9/11, Sudah Siap Perang?

Donald Trump Bandingkan Wabah Corona dengan Pearl Harbor dan 9/11, Sudah Siap Perang?
Presiden AS Donald Trump. Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON - Presiden Donald Trump menyebut wabah virus corona sebagai serangan terburuk yang pernah dialami Amerika Serikat. Dia bahkan menganggapnya lebih parah dari pengeboman Pearl Harbor dan aksi teror 9/11 di New York.

"Ini benar-benar serangan terburuk yang pernah kita alami," ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Rabu (6/5).

Seperti diketahui, serangan mendadak Jepang ke pangkalan Angkatan Laut di Pearl Harbor adalah tragedi yang memicu AS ikut bertempur dalam Perang Dunia II.

Sedangkan aksi teror Al-Qaeda yang menewaskan 3 ribu orang di New York pada 9 September 2001 adalah alasan AS menginvasi Afghanistan dan Irak.

Meski menyamakan wabah virus corona dengan dua tragedi yang berujung dengan AS menginvasi negara lain, Trump tidak menyinggung soal balas dendam atau operasi militer dalam konferensi persnya kemarin.

Namun, dia tidak lupa menyalahkan Tiongkok atas wabah yang telah membunuh lebih dari 73 ribu orang di AS tersebut.

"Ini seharusnya tidak pernah terjadi. Sebenarnya bisa dihentikan di sumbernya. Dihentikan di Tiongkok," ujar politikus Partai Republik itu.

Amerika Serikat sejauh ini adalah negara yang paling parah terdampak virus corona dengan 1.228.177 kasus dan 73.207 kematian. Sementara jumlah pasien sembuh mencapai 189.910 orang. (AFP/dil/jpnn)

Presiden Donald Trump membandingkan wabah virus corona dengan dua tragedi yang memicu Amerika Serikat menyerang negara lain


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News