Dorong Artis Evie Tamala Maju jadi Cawabup Tasikmalaya

Dorong Artis Evie Tamala Maju jadi Cawabup Tasikmalaya
Pedangdut, Evie Tamala. Foto: Istimewa

jpnn.com - ARTIS dangdut, Evie Tamala disebut-sebut bisa menjadi alternatif calon Wakil Bupati Tasikmalaya bagi incumbent Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto, jika keduanya maju lagi di Pilkada dengan pasangan yang berbeda.

Menurut pengamat politik Tasikmalaya, Maulana Jannah, pemilihan artis sebagai cawabup para incumbent berpotensi meraup suara tinggi. Contoh, Ahmad Heryawan sukses menjadi Gubernur Jabar untuk kedua kalinya, salah satu faktornya karena memilih artis Dedi Mizwar. Aktor yang sukses memerankan film parodi karya Asrul Sani itu memiliki popularitas yang lebih besar dibandingkan Ahmad Heryawan.

Dijelaskannya, tokoh dari kalangan artis bisa meraup suara dari pemilih yang mementingkan emosionalitas. Dalam arti pemilih yang tidak melihat siapa tokoh tersebut, melainkan dilihat dari tingkat keterkenalan calon tersebut.

Hasil analisanya, pemilih yang mementingkan emosionalitas di Kabupaten Tasikmalaya kurang lebih mencapai 50 persen. Kemudian ada juga pemilih yang mengandalkan rasionalitas. Mereka lebih memilah calon yang benar-benar bisa membawa kebaikan pada masyarakat. Adapun, pemilih ideologis, kata dia, adalah pemilih yang mempunyai pegangan teguh terhadap satu partai dan siapa pun calonnya pasti mereka dukung.

“Kalau untuk pemilih yang ideologis tidak akan bisa diganggu gugat untuk berpaling ke yang lain, beda halnya dengan yang emosionalitas,” tuturnya.

Adapun artis yang layak dijadikan alternatif pasangan incumbent di Kabupaten Tasikmalaya seperti Evie Tamala, Caca Handika, Iceu Trisnawati, Alam dan artis lainnya. Mereka akan menjadi pembeda dalam Pilkada 2015 jika digaet oleh partai politik.

“Tapi semuanya itu kembali kepada mekanisme partai politiknya sendiri untuk menentukan calon,” ujarnya. (yfi/jpnn)


ARTIS dangdut, Evie Tamala disebut-sebut bisa menjadi alternatif calon Wakil Bupati Tasikmalaya bagi incumbent Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News