DPD RI Usulkan 9 RUU Prioritas ke Prolegnas 2018

DPD RI Usulkan 9 RUU Prioritas ke Prolegnas 2018
Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dan Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris pada Sidang Paripurna DPD RI, Senayan, Jakarta. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Memasuki akhir tahun 2017, Panita Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI mengusulkan sembilan RUU untuk menjadi Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2018. Hal tersebut disampaikan saat Sidang Paripurna ke-5 Masa Sidang I Tahun 2017-2018.

Wakil Ketua PPUU Nofi Candra mengatakan sembilan RUU. Yaitu RUU tentang Pengelolaan Kawasan Perbatasan, RUU tentang Etika Penyelenggaraan Negara, RUU tentang Perlindungan Verietas Tanaman, RUU tentang Bahasa Asing dan Kesenian Daerah, RUU tentang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan, RUU tentang Pajak Penghasilan, RUU tentang Kekayaan Negara, RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 24 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Bencana, RUU tentang Hak atas Tanah Adat.

“Untuk RUU tentang Hak Atas Tanah Adat masih dalam tahap penyusunan, sehingga naskah akademik dan draf RUU-nya belum kami serahkan secara resmi,” ucap Nofi.

Ia menjelaskan pada 16-18 September 2017 lalu, PPUU DPD ikut serta melakukan kunjungan kerja bersama Badan Legislatif DPR ke Sulawesi Tenggara dan Maluku. Dalam kunjungan itu, ada beberapa masukan, aspirasi dari pemerintah daerah dan elemen masyarakat.

“Masukan tersebut terkait RUU yang masuk dalam Prolegnas tahun 2015-2019 untuk diakomodir dan ditetapkan dalam Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2018,” ujar senator asal Sumatera Barat itu.

Nofi menambahkan stakeholder di daerah sangat mendukung keterlibatan DPD dalam kunjungan kerja Badan Legislatif DPR. “Sehingga kepentingan daerah pun dapat terakomodir dan diperjuangkan bersama oleh DPD,” tegas dia.

Selain itu, pada rapat kerja dengan Menkumham di Badan Legislatif DPR membahas evaluasi dan perkembangan Prolegnas Prioritas Tahun 2017 serta penyusunan usul RUU untuk Prolegnas Prioritas Tahun 2018.

Dari 52 RUU dalam Prolegnas 2017, terdapat tiga RUU yang diusulkan oleh DPD yaitu RUU tentang Wawasan Nusantara dan RUU tentang Ekonomi Kreatif.

DPD RI mengusulkan sembilan RUU menjadi Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2018. Hal tersebut mengemuka saat Sidang Paripurna ke-5 Masa Sidang I Tahun 2017-2018

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News