DPD Serahkan Bantuan ke Pengungsi Sinabung

DPD Serahkan Bantuan ke Pengungsi Sinabung
DPD Serahkan Bantuan ke Pengungsi Sinabung
MEDAN - Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman mewakili "DPD RI Peduli", meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada pengungsi bencana letusan Gunung Sinabung, pada Senin (30/8), di daerah Jambur Taras, Brastagi, Medan, Sumatera Utara. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian yang dilakukan Irman Gusman mewakili lembaga DPD RI, untuk masyarakat Kabupaten Karo yang mengungsi pasca meletusnya Gunung Sinabung, Minggu 29 Agustus 2010 dini hari.

"DPD menyatakan bela sungkawa dan menyampaikan duka cita yang mendalam, atas bencana letusan Gunung Sinabung," ujar Irman Gusman.

Sebelumnya, Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut itu, mulai menunjukkan aktivitasnya dengan mengeluarkan asap hitam pada hari Sabtu (28/08) pagi, setelah terlelap 400 tahun. Berdasarkan laporan Dinas Kominfo Kabupaten Karo per 30 Agustus 2010, jumlah pengungsi dari 21 Desa yang ada di kawasan Gunung Sinabung, sebanyak 30.052 jiwa, tersebar di berbagai tempat pengungsian di kabupaten itu. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), diare dan iritasi mata menjadi penyakit yang umum diderita para pengungsi.

Bantuan yang diberikan Irman ini, total berjumlah Rp 75 juta, antara lain berupa uang tunai sebesar Rp 25 juta, disertai bantuan sandang dan pangan senilai Rp 50 juta berupa 1.000 sarung, 1.000 selimut, 5 ton beras, mie instan dan lain-lain, yang distribusikan langsung kepada pengungsi. Seluruh bantuan tersebut akan dikoordinir oleh DPD RI asal Sumatera Utara.

MEDAN - Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman mewakili "DPD RI Peduli", meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada pengungsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News