DPR Dukung Polri Praperadilankan KPK

DPR Dukung Polri Praperadilankan KPK
Desmond J Mahesa. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa mendukung langkah hukum yang ditempuh Mabes Polri dengan mem-praperadilankan keputusan KPK menetapkan calon kapolri Komjenpol Budi Gunawan sebagai tersangka. 

Menurut Desmond, salah satu yang bisa dijadikan alasan bagi Polri maupun Budi Gunawan adalah komposisi pimpinan KPK yang hanya 4 orang saat keputusan penetapan BG diambil. 

"Dalam konteks mengambil keputusan, (pimpinan) KPK harus 5 orang, kemarin kan 4 orang. Saya lihat ada yang salah dengan KPK," kata Desmond di gedung DPR, Selasa (20/1).

Wakil ketua Komisi III lainnya, Benny K Harman, mengatakan yang ditempuh Mabes Polri atas perlakuan KPK terhadap salah satu anggotanya merupakan hak dan cukup beralasan. Karena itu harus dihargai.

Apalagi, politikus Partai Demokrat ini memandang putusan KPK menetapkan BG sebagai tersangka memang harus diuji, apakah sesuai aturan perundang-undangan atau tidak. 

"Jadi tidak semua langkah yang dilkakukan KPK itu dapat diterima begitu saja, langkah hukum yang diambil KPK sepenuhnya tunduk pada prinsip hukum acara dan tindak pidana," tegasnya.

Dia juga mengajak masyarakat tidak memandang upaya hukum yang dialamatkan mabes Polri tershadap KPK buakn bagian untuk mengerdilkan KPK, justeru tujuannya baik untuk menguji langkah hukum yang ditempuh KPK. (fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa mendukung langkah hukum yang ditempuh Mabes Polri dengan mem-praperadilankan keputusan KPK


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News