DPR Janji Telusuri 'Orang Titipan' jadi Direksi Pertamina

Mantan Dirut Telkom Kandidat Kuat

DPR Janji Telusuri 'Orang Titipan' jadi Direksi Pertamina
DPR janji telusuri Orang Titipan jadi Direksi Pertamina. Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Sosok Direksi Pertamina masih belum jelas. Bursa calon yang bakal duduk di 'tempat basah' tersebut bahkan kian memanas hingga akhir pekan ini. 

Dari rangkuman berbagai sumber, proses seleksi yang melibatkan PT Daya Dimensi Indonesia (DDI) ini memunculkan enam calon dari kalangan eksternal. 

Mereka adalah, Budi Sadikin (Dirut Bank Mandiri), Sunarso (Direksi Bank Mandiri), Zulkifli Zaini (Mantan Dirut Bank Mandiri), Fahmi Muhtar (Mantan Dirut PLN), Dwi Sucipto (Dirut Semen Indonesia), dan Rinaldi Firmansyah (Mantan Dirut Telkom). 

Kabarnya, di antara enam kandidat tersebut, nama Rinaldi Firmansyah disebut paling kuat. Rumornya, Rinaldi adalah  yang disebut-sebut diendorse langsung oleh  Menteri BUMN Rini Soemarno, Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Wapres Jusuf Kalla. Sementara lima nama lain hanya sekedar pembanding.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi VII DPR Edhy Prabowo berjanji akan mempertanyakan 'orang titipan' tersebut. "Nanti akan kami tanya melalui perwakilan kami di komisi VI, tanyakaan ini (titipan), akan kita kontrol terus," ujar sosok yang pernah menjadi Manajer Timnas Pencak Silat ini, Jumat (7/11).

Selain itu, Edhy menilai, yang menjadi direksi pertamina haruslah orang yang memiliki kemampuan dan pengalaman soal migas. "Harus yang ahlinya dong," katanya.

Oleh karena itu, Edhy meminta Menteri BUMN agar melakukan seleksi Pertamina secara transparan. Rini Soemarno, sambung dia, harus ingat bahwa yang akan dikelolanya adalah aset negara bukan swasta. 

"Ini urusan negara, milik rakyat. Ini yang saya minta pada bu Rini sesegera mungkin, ini saran saya sebagai wakil rakyat," pungkas dia. (rmo/jpnn)

JAKARTA - Sosok Direksi Pertamina masih belum jelas. Bursa calon yang bakal duduk di 'tempat basah' tersebut bahkan kian memanas hingga akhir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News