Dr. Salim: Kebersamaan Kunci Keberhasilan Bangsa Indonesia

Dialog Kebangsaan Bersama Tokoh Riau

Dr. Salim: Kebersamaan Kunci Keberhasilan Bangsa Indonesia
Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri saat Dialog Kebangsaan bersama tokoh Riau yang digelar DPW PKS Provinsi Riau di Pekanbaru, Minggu (6/11). Foto: Fraksi PKS.

jpnn.com - RIAU - Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri mengatakan PKS terus mengajak berbagai elemen bangsa untuk bergandengan tangan, membangun kebersamaan dan kolaborasi untuk kemajuan bangsa. Dr. Salim menegaskan bahwa kemajemukan bangsa Indonesia ini luar biasa.

“Ada banyak perbedaan bangsa kita. Ada 17.508 pulau, 1300 suku bangsa, 715 bahasa, 6 agama resmi, tetapi di antara banyaknya perbedaan itu kita memilih untuk bersatu dan terus mengupayakan titik temu kebangsaan hingga kita bisa bertahan sampai hari ini," kata dia dalam orasi kebangsaannya dalam Dialog Kebangsaan Lintas Agama, Budaya, dan Organisasi bersama Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri yang digelar DPW PKS Provinsi Riau di Pekanbaru, Riau, Minggu (6/11).

Acara yang dihadiri para tokoh lintas agama dari MUI, DDII, FKUB, para pejabat publik legislatif dan eksekutif, pimpinan dan pengurus ormas, organisasi sosial, perempuan, dan pemuda serta tokoh pengusaha, itu merupakan rangkaian Program Dr. Salim Menyapa Indonesia di Provinsi Riau 5-8 November 2022. 

Dr. Salim menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para tokoh yang hadir dan berdialog dengan PKS untuk mengokohkan titik temu dan ikatan kebangsaan.

Menteri Sosial RI 2009-2014 ini kemudian menyampaikan tiga pesan kebangsaan. "Pesan pertama, kita semua pasti siap mencintai NKRI. Pesan kedua, kita semua juga pasti siap menjaga dan membela NKRI. Dan pesan ketiga, kita harus siap berkolaborasi untuk mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia," ungkapnya. 

Menurut Dr. Salim, berbuat untuk negeri ini pasti tidak akan berkesudahan, sebagaimana menjadi bangsa Indonesia yang melalui proses panjang atau “being Indonesia is never ending proces”. "Kalau bukan kita siapa lagi yang akan mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa," katanya.

Ketua Persatuan Ulama Internasional ini melihat Indonesia punya potensi luar biasa, tetapi sayangnya belum bisa dikelola dengan baik. Indonesia masih jadi negara berkembang. Indonesia juga masih kalah bersaing dengan negara-negara di dunia. "Maka tugas kita membangun martabat bangsa sehingga diperhitungkan oleh bangsa-bangsa di dunia," ungkapnya.

Menurut Dr. Salim, Indonesia punya prasyarat dan peluang untuk menjadi bangsa maju. Sumber daya alam, sumber daya manusia Indonesia melimpah dan kualitasnya makin baik.

Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri menyatakan PKS menegaskan bahwa kemajemukan bangsa Indonesia ini luar biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News