Dua Alasan Ridwan Kamil Dipasangkan dengan Uu

Dua Alasan Ridwan Kamil Dipasangkan dengan Uu
Ridwan Kamil (kiri) dan UU Ruzhanul Ulum, Minggu (7/1/2018) di DPP PPP Jakarta. FOTO: MUHAMAD ALI/JAWAPOS

jpnn.com, JAKARTA - Empat partai pengusung mendukung Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menjatuhkan pilihan cawagub kepada Uu Ruzhanul Ulum.

Selain PPP sebagai parpol yang merekomendasikan Uu, tiga partai lain yang mendukung bupati Tasikmalaya tersebut adalah PKB, Nasdem, dan Hanura.

Ketua Umum DPP PPP M. Romahurmuziy (Romy) menyatakan, dinamika yang terjadi di Jabar paling luar biasa dibandingkan wilayah lain. Kesepakatan empat partai itu baru diambil dalam pertemuan Sabtu sore (6/1).

’’Kami membahas dengan melihat konstelasi paslon (pasangan calon, Red) lain sekaligus melihat kebutuhan Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) ke depan,’’ katanya di kantor DPP PPP, Minggu (7/1).

Dari pertemuan empat pimpinan parpol itu, pemilihan nama cawagub disepakati diserahkan kepada Emil.

Dari situ, Emil menyatakan bahwa dirinya membutuhkan figur seperti Uu sebagai pendamping di pilgub Jabar. ’’Kang Emil tegas menjawab Uu,’’ ujarnya.

Romy tampak semringah dengan paket pencalonan Emil-Uu. Dua alsan disampaikan. Pertama, Romy menilai pasangan Emil-Uu mewakili sosok intelektual milenial dan santri.

Kedua, dari sisi geografis, Emil yang mewakili selatan Jabar cocok dengan Uu yang mewakili Jabar Utara atau pantai utara (pantura) Jawa.

Ridwan Kamil akhirnya berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum di Pilgub Jabar, didukung empat partai politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News