Dua Polisi dan Satu PNS yang Dikabarkan Hilang di Laut Ditemukan Selamat

Dua Polisi dan Satu PNS yang Dikabarkan Hilang di Laut Ditemukan Selamat
Proses evakuasi ketiga korban pemancing ikan (prahu sebelah kakan) di perairan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah oleh tim SAR gabungan, Senin (25/5/2020). Foto: ANTARA/HO-Tim SAR

jpnn.com, PALU - Dua anggota polisi dan satu PNS yang dikabarkan hilang saat memancing di perairan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

"Tiga orang pemancing itu merupakan warga Moengko Lama, Kabupaten Poso yang sejak Jumat (22/5) turun melaut dan hari ini baru ditemukan tim SAR gabungan," kata Kepala Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palu melalui keterangan tertulisnya, di Palu, Senin malam.

Diketahui, ketiganya bukan berprofesi sebagai nelayan, melainkan mereka hanya menyalurkan hobi memancing ikan di laut. Mereka terombang-ambing di tengah laut akibat perahu yang ditumpangi mengalami mati mesin.

Berdasarkan laporan diterima pihaknya, ketiga korban tersebut turun melaut pada Jumat (22/5) pagi atau dua hari sebelum Lebaran Idulfitri dan rencana pulang pada petang hari itu juga, karena terjadi masalah teknis mereka tidak dapat kembali ke darat.

Ketiganya bernama Hilal (41), Abdul Wanga (42) dan Wahab Andini (41). Dua di antaranya merupakan anggota Polri yang bertugas di Polres Poso, dan satu orang lainnya berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Ketiganya ditemukan pada titik koordinat 0°44.878" S - 120°54.782" T Heading 43° dengan jarak 39 Nautical Mile (NM) dari tempat pelelangan ikan Poso," ujar Basrano.

Korban ditemukan tim SAR pada Pukul 09.30 WITA. Setelah ditemukan, mereka lalu dievakuasi menuju darat tepatnya di tempat pelelangan ikan Poso dan proses evakuasi baru selesai sekitar Pukul 14.50 WITA.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi tersebut berjumlah 21 orang. Tujuh orang terdiri dari personel Basarnas Palu, tiga orang personel Polairud Polres Poso dan 15 orang masyarakat setempat.

Dua anggota polisi dan satu PNS yang dikabarkan hilang saat memancing di perairan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News