JPNN.com

Dua Situ Berubah jadi Perumahan

Jumat, 20 Mei 2011 – 08:18 WIB Dua Situ Berubah jadi Perumahan - JPNN.com
Dua Situ Berubah jadi Perumahan
PAMULANG - Dua situ di Kota Tangsel disebut sudah berubah fungsi menjadi perumahan. Kedua situ tersebut yakni Situ Ciantap dan Situ Gintung, di Kecamatan Ciputat Timur. Keadaan ini mesti diwaspadai semua kalangan. Lantaran fungsi situ tersebut merupakan lahan untuk sarapan air untuk menangkal banjir.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Departemen Lingkungan Hidup (LH) organisasi Gugusan Alam Nalar Ekosistem Pemuda dan Pemudi (Ganespa) Kota Tangsel, Raden Dian Wiryawan, dalam talkshow lingkungan hidup di Pamulang Town Square, Kamis (19/5). "Dari 11 situ yang terdapat di Kota Tangsel, kini menjadi 9 situ. Dan tidak tertutup kemungkinan, beberapa tahun ke depan situ yang ada akan berkurang lagi," katanya.

Padahal, kata Dian pula, fungsi situ tersebut sangat banyak manfaatnya. Di antaranya yakni sebagai resapan dan penampung air. Manfaatnya lagi, agar tidak terjadi banjir. Selain itu, situ tersebut juga bisa dijadikan untuk mengaliri air ke persawahan.

"Namun yang kita amati, dari situ-situ yang ada, sedikit demi sedikit dikikis dijadikan perumahan. Hal itu jelas bisa mengancam masyarakat juga, karena resapan air menjadi berkurang," katanya lagi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...