Dukungan Presiden Jokowi Tak Memengaruhi Pilihan Publik Soal Capres 2024

Dukungan Presiden Jokowi Tak Memengaruhi Pilihan Publik Soal Capres 2024
Pengaruh dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di Pilpres 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei terbaru Voxpol Center mengungkapkan bahwa endorsement atau dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada tokoh tertentu tidak cukup kuat untuk memenangkan kandidat Pilpres 2024.

"Pengaruh Presiden Jokowi terbilang cukup rendah untuk mengarahkan kandidat tertentu," ucap Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago, di Jakarta, Jumat (18/11). 

Dalam survei terbaru Voxpol Center menyebut 65,7 persen masyarakat mengaku tidak terpengaruh dengan dukungan Jokowi untuk memilih Capres 2024.

Sementara itu, 25,0 persen responden terpengaruh pilihan mereka dengan pernyataan dukungan Jokowi. Sisanya, 9,3 persen tidak menjawab atau tak tahu. 

"Artinya, ketika Pak Jokowi mendukung siapa itu, tetap masyarakat sudah punya pilihan sendiri," ujar Pangi. 

Adapun Voxpol Center menggelar survei berjudul Peta Elektoral dan Simulasi Kandidat Capres-Cawapres Pilpres 2024.

Voxpol Center menggelar survei selama 22 Oktober-7 November 2022 dengan pengambilan sampel melalui metode acak bertingkat. 

Lembaga itu melibatkan 1.220 responden dalam survei kali ini dan dengan toleransi kesalahan sekitar 2,81 persen. (ast/jpnn) 

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Survei Voxpol Center menyatakan dukungan Presiden Jokowi kepada tokoh tertentu tidak memengaruhi pilihan masyarakat pada Pilpres 2024.


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News