Dunia Hari Ini: UGM Menilai Jokowi Menyimpang Dari Prinsip dan Moral Demokrasi

Dunia Hari Ini: UGM Menilai Jokowi Menyimpang Dari Prinsip dan Moral Demokrasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto seusai menghadiri penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024). Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden

Anda sedang menyimak Dunia Hari Ini edisi Kamis, 1 Februari 2024.

Kami sudah merangkum sejumlah laporan dari berbagai negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

UGM peringatkan presiden Jokowi

Peringatan berupa petisi disampaikan secara terbuka oleh civitas akademika Universitas Gadjah Mada Yogyakarta kepada Presiden Joko Widodo sebagai alumnus UGM.

Para dosen dan guru besar menilai sejumlah penyelenggara negara di berbagai lini telah menyimpang dari nilai-nilai demokrasi, kerakyatan, dan keadilan sosial.

"Pelanggaran etik di Mahkamah Konstitusi, keterlibatan sejumlah aparat penegak hukum dalam demokrasi perwakilan yang sedang berjalan, dan pernyataan kontradiktif pembenaran-pembenaran presiden tentang keterlibatan pejabat publik dalam kampanye politik," bunyi petisi yang dibacakan Koentjoro, Guru Besar Fakultas Psikologi UGM.

"Serta netralitas dan keberpihakan [yang] merupakan penyimpangan dan ketidakpedulian akan prinsip demokrasi."

Civitas academica UGM juga meminta DPR dan MPR mengambil sikap langkah konkret atas situasi yang berlangsung menjalang pemilu.

Hamas mempelajari proposal gencatan senjata

Kelompok Hamas mengatakan pihaknya sedang mempelajari proposal baru perjanjian gencatan senjata.

Civitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM) mengeluarkan petisi untuk mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dianggap sudah keluar jalur demokrasi

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News