Edarkan Materai Palsu, PNS Dibekuk

Edarkan Materai Palsu, PNS Dibekuk
Edarkan Materai Palsu, PNS Dibekuk

JAKARTA – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri membongkar kasus  pemalsuan materai yang melibatkan Pegawai Negeri Sipil, di Kecamataan Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.
        
Dua tersangka berhasil diringkus. Mereka adalah Acep dari kalangan swasta dan Sakur Y, seorang PNS di Kecamatan Ciseeng.  “Peran keduanya ini mengedarkan,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Arief Sulistyanto di Bareskrim Polri, Selasa (12/11).
        
Dijelaskan Arief, penangkapan terhadap tersangka  dilakukan di perempatan Cibogo, Bogor, Jawa Barat.  “Kenapa baru sekarang kami rilis? Karena kami masih mengembangkan kasus ini,” kata Arief.
        
Dari tangan kedua tersangka ini polisi mengamankan 15 lembar materai 6 ribu ukuran besar. Setiap lembar itu terdiri dari 50 materai. Tak hanya itu polisi juga mengamankan satu blackberry dan nokia.
        
Menurut dia, modus kedua pelaku ini adalah  mengedarkan materai palsu. Seolah-olah materai itu ahli. Menurutnya, ini sangat berbahaya. Apalgi, Sakur merupakan seorang PNS yang sehari-hari bertugas mengetik Akta Jual Beli.
        
“Modusnya mereka ini  menjual materai 6 ribu dengan harga Rp 2 ribu, seolah-olah materai itu asli. Mereka mempunyai persediaan banyak materai seolah-olah materai itu asli,” kata Arief.
        
Tak hanya itu, polisi juga menyita dokumen-dokumen yang sudah ditempel materai palsu. Menurut Arief lagi, dokumen itu akan diperiksa lebih detail lagi di  laboratorium forensik.
        
"Kita sedang memeriksa dokumen palsu di laboratorim forensik sambil mengembangkan di mana tempat percetakannya. Secara kasat mata ada perbedaan tapi kita masih memastikan di laboratorim forensik dulu,” ujarnya.
       
Yang menjadi masalah, Arief menambahkan, dokumen-dokumen yang sudah terlanjut dibuat itu cacat dan tidak sah.

“Yang sudah diedarkan setiap perjanjian itu rangkap 8 dan sudah berlangsung sejak 2 tahun lalu, berarti dari tahun 2011,” tuntasnya. Polisi kini tengah memburu siapa pembuat materai palsu ini. (boy/jpnn)

 


JAKARTA – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri membongkar kasus  pemalsuan materai yang melibatkan Pegawai Negeri Sipil,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News