Edy Rahmayadi Optimistis Sumut Bakal Berjaya di Peparnas Papua

Edy Rahmayadi Optimistis Sumut Bakal Berjaya di Peparnas Papua
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan pada pelepasan kontingen provinsinya untuk Peparnas XVI Tahun 2021 yang akan berlangsung di Papua. Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menargetkan kontingen provinsinya pada ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua menjadi juara.

"Targetnya juara umum, 40 medali," ujar Edy setelah menghadiri acara pelepasan atlet Paralimpik Sumut di rumah dinas gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Kamis (28/10/2021). 

Mantan Pangkostrad itu mengaku optimistis Sumut bakal menjadi juara umum karena kontingen yang akan dikirim telah melakukan persiapan maksimal.

"Saya ikuti ini (atlet paralimpik Sumut) sudah bersama dengan atlet PON dan mereka sudah mempersiapkan diri," ujar Edy.

Mantan tentara dengan pangkat terakhir letnan jenderal itu menuturkan atlet Sumut diunggulkan meraih medali emas dari sejumlah cabang olahraga, antara lain, atletik, angkat besi, catur, dan judo.

Edy pun berupaya bisa berkunjung ke Papua guna memberi dukungan secara langsung kepada para atlet Sumut yang berlaga di Peparnas XVI.

"Saya berusaha mendampingi mereka, tetapi nanti saya lihat waktunya. Kalau tidak (bisa ke Papua), minimal Wagub (Musa Rajekshah, red) yang ke sana," ujar mantan ketua umum PSSI itu. 

Ada 12 cabang olahraga pada Peparnas XVI Papua mendatang, antara lain angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menargetkan kontingen Sumut bisa menjadi juara umum di Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua.