Efisiensi, Jokowi Dukung Pelindo IV Ekspor Langsung

Efisiensi, Jokowi Dukung Pelindo IV Ekspor Langsung
Presiden Jokowi sedang mendengarkan pemaparan Dirut Pelindo IV Doso Agung. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - Presiden Joko Widodo mendukung upaya Pelindo IV melakukan ekspor langsung dari Maluku dan Indonesia Timur lainnya, ke negara tujuan.

Dukungan itu terlihat saat Jokowi mendengarkan pemaparan dari Dirut Pelindo IV Doso Agung, yang tengah berkunjung ke terminal penumpang Pelabuhan Ambon untuk menyerahkan bantuan life jacket kepada kapal tradisional Kamis (9/2).

Kepada Jokowi, Doso melaporkan sehari sebelumnya PT Pelindo IV dan Pemprov Maluku telah menjalin kerjasama atau menandatangani nota kesepahaman MoU untuk ekspor langsung atau direct export dari Pelabuhan Ambon, yang disaksikan Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Dengan ekspor langsung, maka barang tidak perlu lagi diangkut ke Surabaya atau Tanjung Priok Jakarta lalu dipindahkan ke kapal lainnya, sehingga efisiensi biaya.

"Selama ini kalau ke Surabaya atau Tanjung Priok dua kali turun naik kapal dan akan kena biaya pemindahan. Tapi dengan ekspor langsung maka komoditi yang mau di ekspor bisa langsung sekali jalan ke negara akhir tujuan, sehingga keuntungan yang didapat pengrajin atau pengusaha meningkat," papar Doso.

Untuk melaksanakan program berjalan, pemerintah juga tengah membangun rumah kita, yang merupakan wadah atau tempat penampungan, pengepul barang-barang yang akan diangkut.

Dengan adanya rumah kita, maka stok barang yang akan diangkut selalu tersedia, sehingga kapal akan ada muatannya. Dan jika berjalan baik akan menghilangkan disparitas harga barang antara wilayah Barat dengan wilayah Timur Indonesia.(chi/jpnn)

Presiden Joko Widodo mendukung upaya Pelindo IV melakukan ekspor langsung dari Maluku dan Indonesia Timur lainnya, ke negara tujuan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News