Ekonom Keluarkan Ramalan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2023, Ada yang Wow!

Ekonom Keluarkan Ramalan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2023, Ada yang Wow!
Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman buka-bukaan soal prediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2023. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman buka-bukaan soal prediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2023.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi mencapai angka 4,94 persen secara year on year atau melemah dibandingkan 5,01 persen pada kuartal IV 2022.

"Pelemahan tersebut terutama disebabkan oleh dampak inflasi tahunan yang relatif tinggi atau di atas kisaran target 2-4 persen, dan risiko perlambatan ekonomi global yang sedikit menghambat aktivitas konsumsi, investasi, dan ekspor," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Adapun pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2023 didukung oleh perbaikan perekonomian dalam negeri sebagaimana tampak dari konsumsi rumah tangga yang tumbuh seperti pada kuartal IV 2022.

"Pengeluaran pemerintah diperkirakan pulih dari kontraksi di kuartal IV 2022 menjadi membukukan pertumbuhan di kuartal I 2023 karena belanja material meningkat tajam," imbuhnya.

Faisal membeberkan bahwa konsumsi rumah tangga, pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi di kuartal I 2023 juga diperkirakan akan tumbuh datar dari kuartal IV 2022.

Sebagian besar ditopang oleh investasi nonbangunan dan infrastruktur, tetapi investasi gedung dan struktur juga sudah tampak mulai membaik.

"Baik aktivitas ekspor maupun impor terlihat melemah, menyusul melambatnya aktivitas perdagangan global akibat prospek ekonomi global yang masih penuh ketidakpastian sehingga membebani permintaan global secara keseluruhan," katanya.

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman buka-bukaan soal prediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News