EKSKLUSIF! Jemaah Haji Indonesia Pasrah, Hanya Minta Doa dari Tanah Air

EKSKLUSIF! Jemaah Haji Indonesia Pasrah, Hanya Minta Doa dari Tanah Air
Ilustrasi. Foto: Saudi Civil Defence

jpnn.com - MAKKAH - Sejumlah jemaah calon haji dari Indonesia berhasil dihubungi JPNN.com, Kamis (24/9) sore tadi, terkait dengan Tragedi Mina yang hingga saat ini sudah menelan 310 korban tewas dan lebih dari 400 lainnya terluka.

Para calon haji dari Indonesia ini mengaku mendengar tragedi itu dari mulut ke mulut. Saat kejadian, calon haji masih di tempat berkumpul, bersiap untuk ikut melempar jumrah di Mina.

"Alhamdulillah kami belum berangkat jumrah. Rencananya baru sore (waktu Arab Saudi)," ujar Azmi, salah seorang calon haji dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Dia juga menceritakan, jemaah di Mina saat pagi hingga siang hari sangat padat. Itu sebabnya, rombongan dia menjadwalkan melempar jumrah pada sore hari.

"Kalau kejadiannya (tragedi Mina), saya tidak terlalu tahu, kabarnya karena desak-desakan," tuturnya.

(Baca juga:Jemaah Haji Indonesia Kalah Fisik Jika Harus Desak-Desakan di Mina)

Wanita yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar ini mengatakan, dia dan rombongannya hanya bisa berserah diri kepada Yang Kuasa. 

"Namanya musibah. Memang bisa juga dihindari. Namun ini kan sedang ibadah. Saya hanya fokus ibadah. Apa yang terjadi sudah ada yang mengatur. Saya minta doa dari keluarga di kampung," katanya dengan nada tenang. 

MAKKAH - Sejumlah jemaah calon haji dari Indonesia berhasil dihubungi JPNN.com, Kamis (24/9) sore tadi, terkait dengan Tragedi Mina yang hingga saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News