Ekspor Perikanan Sulut Meningkat 197 Persen

Ekspor Perikanan Sulut Meningkat 197 Persen
Ekspor Perikanan Sulut Meningkat 197 Persen
MANADO - Eskpor perikanan Sulut makin menggembirakan.  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, salah satu sektor andalan ekspor Sulut ini mengalami perkembangan yang mencengangkan. Secara kumulatif, dari Januari 2011-Agustus 2011, nilainya mencapai USD451,7 juta. Nilai ini naik 197,64% dibanding kumulatif Januari 2010-Agustus 2010 yang masih USD151,8 juta.

"Peningkatan ekspor yang terjadi untuk bulan Agustus terjadi pada komoditi ikan dan udang sebesar 1,2 juta US Dollar," jelas Kepala BPS Dantes Simbolon.

Bank Indonesia Manado sendiri memprediksikan eskpor Sulut akan terus "melambung". Yang menjadi faktor utamanya adalah komoditi ekspor Sulut merupakan sumber daya alam, seperti perikanan. "Kinerja ekspor di Sulut akan mencatat pertumbuhan positif masih kuatnya kinerja eksport didukung oleh komoditas hasil sumber daya alam," jelas Pemimpin BI Manado Dr Ramlan Ginting.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Ir HTR Korah yang dikonfirmasi mengatakan, ekspor perikanan terus meningkat selain karena produksi yang dan kualitas yang terus ditingkatkan, ada juga perlindungan dari pemerintah. "Dengan diketatkan tidak boleh impor, akan sangat membantu sektor perikanan Sulut," katanya.(manadopost/jpnn)

MANADO - Eskpor perikanan Sulut makin menggembirakan.  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, salah satu sektor andalan ekspor Sulut ini mengalami


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News