Elit Parpol Cari Selamat Lewat Perppu Pemilu

Elit Parpol Cari Selamat Lewat Perppu Pemilu
Elit Parpol Cari Selamat Lewat Perppu Pemilu
JAKARTA - Rencana penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (perppu) tentang tata cara penandaan pada surat suara justru mengundang suara miring. Mantan anggota Pansus UU Pemilu dari Fraksi Partai Golkar, Agun Gunanjar Sudarsa menilai Perppu tersebut hanya akal-akalan elit parpol saja.

Menurut Agun, Perppu tentang tata cara penandaan surat suara itu hanya upaya untuk menyelamatkan para elit partai. "Perpu seperti itu tidak diperlukan karena sosialisasi sekarang ini sudah dilakukan oleh semua caleg," ujar Agun di Jakarta, Selasa (13/1).

Menurutnya, justru Perppu akan menimbulkan ketidakpastian bagi masyarakat. "Mana yang harus dipilih? nama, gambar atau dua-duanya. Kalau UU jelas pilih nama, titik. Jadi yang dibutuhkan peraturan KPU bukan Perppu,” tandasnya.

Karenanya Agun menuding Perppu tentang tata cara penandaan itu hanya rekayasa elit partai yang terancam gagal meraih kursi legislatif karena kalah bertarung dalam memperebutkan suara pemilih. “Sungguh, kalau Perppu ini diterbitkan sebenarnya merupakan bentuk ketidaksiapan elit partai untuk bertarung,” ucapnya.

JAKARTA - Rencana penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (perppu) tentang tata cara penandaan pada surat suara justru mengundang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News